Breaking News

Prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES) Unismuh Makassar Meraih Akreditasi UNGGUL oleh BAN PT

SULSEL.KOMINFO.CO.ID - Makassar, Universitas Muhammadiyah Makassar kembali Menorehkan prestasi melalui Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (HES) pasalnya prodi tersebut secara resmi mendapatkan Akreditasi UNGGUL oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), Selasa (1/8/2023).

Proses konversi akreditasi unggul pada program studi perguruan tinggi umumnya melibatkan beberapa langkah dan evaluasi dari lembaga akreditasi terkait, seperti Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) di Indonesia. 

Kemudian dari laman BAN PT tertera Pengajuan Suplemen Konversi Program Studi dengan Status Penerbitan SK & Sertifikat bahwa Perguruan Tinggi Universitas Muhammadiyah Makassar, Jenjang atau Program Studi S1 Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) dengan nomor permohonan No. 0480/05/C.4A-II/II/43/2022/tgl: 2022-3/21, dari tanggal pengajuan (21/3/2022) dan tanggal diterima (26/3/2022), menjelaskan Hasil Akreditasi; Status Terakreditasi dengan Nilai 361 peringkat Unggul dengan tanggal ditetapkan (1/8/2023).

Sebelumnya, Program Studi Hukum Ekonomi Syari’ah (Mu’amalah), telah terakreditasi dengan nilai A, dan akreditasi tersebut berlaku hingga tahun 2024. Dalam menghadapi situasi ini, kami merespons adanya Peraturan BAN-PT No. 2 tahun 2020 tentang Instrumen Suplemen Konversi (ISK), yang memungkinkan program studi dengan akreditasi A untuk mengajukan konversi menjadi akreditasi unggul. Tim Akreditasi Prodi HES memanfaatkan peluang ini dengan serius dan tekun untuk mencapai akreditasi unggul.

Dr. Hasanuddin, S.E,.Sy,.ME selaku Ketua Prodi HES mengatakan "Kesuksesan dan keberhasilan meraih akreditasi unggul ini tidak terlepas dari kerjasama yang solid dari tim akreditasi serta dukungan penuh dari berbagai pihak." ungkapnya 

Kemudian Hasan mengungkapkan "Para dosen internal Prodi Hukum Ekonomi Syari’ah (Mu’amalah), Pimpinan Fakultas Agama Islam, Gugus Kendali Mutu (GKM) Fakultas Agama Islam, hingga Badan Penjaminan Mutu (BPM) Universitas Muhammadiyah Makassar, semuanya telah berperan penting dalam pencapaian prestasi ini. Kerjasama yang baik dan dukungan dari berbagai pihak telah menjadi pilar kesuksesan akreditasi unggul ini, dan kami sangat menghargai kontribusi mereka dalam meningkatkan kualitas program studi ini." imbuhnya 

Dengan meraih akreditasi Unggul, harapannya dapat meningkatkan kinerja internal Prodi Hukum Ekonomi Syari’ah (Mu’amalah) ke depannya dalam segala aspek, terutama dalam peningkatan kualitas dosen dan pembinaan yang maksimal terhadap para mahasiswa selama mengikuti program studi ini.

"Prestasi akreditasi Unggul ini juga menjadi bukti nyata bahwa dedikasi dan kerja keras yang kami lakukan selama ini telah berhasil meningkatkan kualitas program studi yang kami bina. Kami berharap pencapaian ini akan menjadi pertimbangan penting bagi calon mahasiswa baru yang ingin bergabung dengan program studi ini dan merasakan manfaat dari lingkungan akademik berkualitas yang kami tawarkan." jelasnya. 

Dr. Amirah Mawardi, selaku Dekan Fakultas Agama Islam mengatakan "Kami mengucapkan Selamat dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh Tim akreditasi dan pihak-pihak yang turut mendukung Prodi HES dalam meraih akreditasi Unggul ini". ungkapnya

Dekan Fakultas Agama Islam menyebutkan bahwa ketua Prodi HES adalah orang yang merasakan kebahagiaan ganda pada hari yang sama, "hari ini beliau juga menjalani sidang promosi doktor ilmu hukum di UMI, Alhamdulillah ". terangnya. (SAL)

Iklan Disini

Type and hit Enter to search

Close