Breaking News

Pelepasan Praktek Kerja Lapangan (PKL) Nasional Prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES) UNISMUH di Pengadilan Agama Jakarta Pusat

SULSEL.KOMINFO.CO.ID, MAKASSAR, Minggu, 30 Juli 2023 - Mahasiswa Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (HES) dari Universitas Muhammadiyah Makassar secara resmi mengadakan acara pelepasan peserta Praktek Kerja Lapangan (PKL) Nasional ke Jakarta. Acara pelepasan yang diadakan di Ruang Seminar lantai 4 Gedung Menara Iqra, Kampus Unismuh, Jumat (28/7/2023) acara tersebut menjadi momen bersejarah bagi para mahasiswa dalam menyelesaikan tahap akhir studi mereka.

Kemudian Prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES), Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Makassar Melepas sebanyak 21 mahasiswa untuk melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Jakarta. Adapun lokasinya di Pengadilan Agama Jakarta Pusat.

Praktek Kerja Lapangan ini telah di setujui oleh pihak Pengadilan Agama Jakarta Pusat dalam hal ini Drs. H. Gunawan, M.H Ketua Pengadilan Agama Jakarta pusat secara langsung menyatakan siap menerima Mahasiswa dari Prodi Hukum Ekonomi Syariah FAI UNISMUH Makassar selama 2 bulan yang dimulai pada hari Selasa Tanggal 1 Agustus 2023.

Dalam acara tersebut dihadiri langsung Dr. Amirah Mawardi, S.Ag., M.SI selaku Dekan FAI Unismuh, Hasanuddin, S.E.,Sy.,ME. sebagai Ketua Prodi dan Dr. Ridwan Mapawallang, S.HI., M.HI. selaku Sekretaris Prodi sekaligus Ketua Panitia, dan Siti Walida Mustamin, S.Pd., M.Si. perwakilan Dosen Hes sekaligus Sekretaris Panitia. 

Dalam Sambutannya Dekan Fakultas Agama Islam menyampaikan, "adalah untuk anak- anakku mahasiswa sekalian yang akan melaksanakan PKL Nasional, kalian adalah orang yg terpilih dalam kegiatan ini. Kalian membawa nama baik Prodi, Fakultas dan Universitas. Jangan melakukan sesuatu hal yang tidak menggambarkan kepribadian mahasiswa Universitas Muhammadiyah Makassar, apa lagi kalian PKL di Pengadilan Agama.Tunjukkanlah kepribadian mahasiswa Fakultas Agama Islam. Di samping itu, pada saat kalian melakukan PKL di Pengadilan Agama, jangan bermalas- malasan, kalian harus aktif dalam setiap kegiatan yang dilakukan di sana.Dan terakhir jangan lupakan shalatnya, dan akhlaknya tetap dijaga." ungkapnya 

Selanjutnya sambutan Ketua Panitia Dr. Ridwan Mapawallang, S.HI., M.HI. dan juga selaku Sekretaris Prodi memberikan arahan dan nasehat "kepada mahasiswa agar melaksanakan PKL Nasional ini secara maksimal mungkin, karena banyak pengalaman nantinya yang akan mahasiswa dapatkan dari kegiatan ini, tetap menjaga sikap dan perilaku ketika berada di Ibu Kota Negara." ungkapnya.

Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (HES) Fakultas Agama Islam di Universitas Muhammadiyah Makassar telah lama dikenal sebagai salah satu program studi yang mengutamakan pengalaman lapangan untuk para mahasiswa. Dan menjadi program rutin tahunan pelaksanaan PKL Nasional, PKL merupakan bagian integral dari kurikulum mereka, yang bertujuan untuk menghubungkan teori dengan praktik di dunia nyata.

Andi Muhammad Aidil, S.H., M.H , selaku dosen pembimbing PKL. Pengadilan Agama Jakarta Pusat, mengharapkan "agar pelaksanaan PKL tingkat Nasional ini terus dilaksanakan, bahkan kalau bisa dikembangkan pada tingkat Internasional, tentu pengalaman yang didapatkan akan lebih menantang sehingga diharapkan mahasiswa sudah siap untuk terjun ke dunia pekerjaan pasca selesainya Study mereka." ungkapnya.

Momen pelepasan PKL ini menjadi peringatan bagi para mahasiswa akan nilai-nilai integritas dan etika kerja yang tinggi, khususnya dalam menjalankan prinsip-prinsip ekonomi syariah. Mereka diharapkan dapat menjadi agen perubahan yang memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan dunia bisnis.

Selamat mengikuti PKL NASIONAL kepada seluruh mahasiswa Program Studi Hukum Ekonomi Syariah di Universitas Muhammadiyah Makassar dan dilancarkan dalam menyelesaikan Praktek Kerja Lapangan mereka. Semoga dapat menjadi  pengalaman berharga dan membawa mereka menuju kesuksesan di masa depan. (SAL)

Iklan Disini

Type and hit Enter to search

Close